Perkembangan Otak Pada Bayi Prematur




Perkembangan Otak Pada Bayi Prematur - Proses kelahiran bayi prematur berbeda dengan bayi yang lahir normal karena bayi prematur merupakan bayi yang dilahirkan sebelum waktunya. Sehingga susunan saraf otak dan organ tubuh lainnya tidak terbentuk dengan sempurna. Perawatan untuk bayi prematur juga berbeda dengan bayi normal. Biasanya bayi yang terlahir prematur juga memiliki berat badan yang lebih kurus dibandingkan dengan berat badan bayi normal.
Perkembangan otak pada bayi prematur
Perkembangan otak pada bayi prematur
Proses pertumbuhan bayi prematur juga lebih lambat dibandingkan dengan pertumbuhan bayi pada umumnya. Oleh karena itu bayi prematur diharuskan untuk melakukan perawatan khusus dengan perawatan melalui incubator agar bayi lebih sehat secara fisik. Banyak yang bertanya tentang perkembangan otak bayi yang terlahir secara prematur, apakah bayi yang terlahir prematur mempengaruhi perkembangan otaknya? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, kami akan membahas tentang perkembangan otak pada bayi prematur.

• Kemampuan otak pada bayi prematur sangat berbeda dengan kemampuan otak bayi normal. Apabila bayi normal memiliki daya tangkap yang cukup cepat dalam berkomunikasi dan berinteraksi kepada orang lain, maka bayi prematur mengalami perkembangan otak yang agak lambat dan sulit merespon dengan baik. Namun hal tersebut bisa berubah apabila orang tua terus melatih perkembangan otak pada bayi prematur, meskipun untuk merangsang perkembangan otak pada bayi prematur dibutuhkan waktu yang lebih lama.
• Bayi dengan proses kelahiran prematur juga sangat berpotensi mengalami cedera otak. Hal tersebut disebabkan oleh radang plasenta yang terjadi pada bayi prematur akibat dari terlalu cepat proses kelahirannya. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sekitar 45% bayi yang terlahir prematur mengalami peradangan pada plasenta sehingga bayi mengalami cedera otak dari hasil peradangan tersebut. Itulah mengapa kemampuan otak pada bayi prematur berbeda dengan bayi pada umumnya.
• Pertumbuhan perkembangan otak pada bayi prematur diukur dari hari kelahirannya. Apabila bayi lahir satu bulan lebih cepat dari perkiraan maka pertumbuhan otak pada bayi prematur juga akan terlambat sekitar satu bulan setelah hari kelahirannya.

Beberapa poin diatas merupakan hasil dari perkembangan otak pada bayi prematur. Oleh karena itu sebagai calon ibu, wanita diwajibkan untuk menjaga kesehatan tubuh serta janinnya agar terhindar dari proses kelahiran prematur.