Penurunan Berat Badan Bayi




Penurunan Berat Badan Bayi - Pada awal bulan pertama kelahiran bayi, tumbuh kembangnya menjadi salah satu perhatian setiap orang tua. Kebanyakan orang tua akan sangat khawatir berat badan bayinya yang menurun, apalagi ketika grafik di dalam kartu menuju sehat sering kali menurun.

Sebagai orang tua anda jangan terburu-buru untuk menyimpulkan bahwa bayi anda bermasalah dengan tumbuh kembangnya. Pada bayi berat badannya dapat turun di minggu-minggu pertama kelahirannya. Dalam hal ini dapat dikatakan normal dikarenakan tubuh bayi banyak mengandung air dan akan dikeluarkan melalui urine setelah lahir.
Penurunan berat badan bayi harus diketahui sejak dini
Penurunan berat badan bayi harus diketahui sejak dini
Namun meskipun demikian, penurunan drastis harus tetap anda waspadai. Dikatakan berat badan bayi normal berkisar 2,5 – 4 kg dan pada minggu pertama dan akan mengalami penurunan antara 7 – 10%. Setelah memasuki minggu kedua dan ketiga, bayi akan mengalami kenaikan berat badan kembali.

Dilihat dari kondisi ini, tidak berlaku untuk bayi yang lahir prematur. Untuk bayi yang lahir prematur, kenaikan berat badannya cukup lama. Hal ini disebabkan kandungan cairan di dalam tubuh cukup banyak dibanding bayi lahir yang cukup bulan. Berikut pembahasan penurunan berat badan bayi.

Sebagai orang tua perlunya anda ketahui bahwa bayi bersifat individual yang dapat diartikan bahwa pertumbuhan bayi akan berbeda satu sama lainnya. Ketika anda membandingkan pertumbuhan bayi anda dengan bayi anda yang lain atau sebelumnya, sering menemukan perbedaan yang signifikan dan anda tidak perlu khawatir.
Asi dapat menaikkan berat badan bayi
Asi dapat menaikkan berat badan bayi
Kurva pertumbuhan bayi bersifat individual akan tetapi jangan lupa perhatikan jika terjadi penurunan abnormal. Oleh karena itu sebaiknya anda sering untuk memberikan ASI. Anda wajib memberikan ASI secara eksklusif selama enam bulan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi anda, baik fisik maupun mental. Anda pun juga dapat membiasakan untuk tidur dengan bayi anda sebagai peningkat kadar hormon prolaktasin serta menambah frekuensi menyusui. Untuk selanjutnya adalah melakukan rileksasi selama menyusui agar terhindar dari stres.

Meskipun berat badan bayi mengalami penurunan pada minggu pertama kelahirannya adalah normal, akan tetapi jangan abaikan apabila berat badan bayi tidak bertambah hingga usia 2 minggu dengan kenaikan minimal 300 gram. Saat bulan pertama atau pada bulan keenam kelahirannya, jika bayi anda tidak mengalami penambahan berat badan minimal 500 gram sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter. Salah satunya yang dikhawatirkan adalah akan mengalami gangguan metabolisme. Untuk itu penurunan berat badan bayi anda harus sering diperhatikan.