Jangan Menganggap Remeh Benjolan di Belakang Telinga Bayi Anda




Jangan Menganggap Remeh Benjolan di Belakang Telinga Bayi Anda - Dengan tanpa sengaja anda menemukan benjolan kecil seperti biji kacang hijau di belakang telinga anak berupa cairan kenyal. Dimana kondisi ini akan membesar dan membahayakan anak anda.

Benjolan di belakang telinga atau di daun telinga dapat disebabkan adanya pembesaran kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening berfungsi untuk memproduksi sel-sel darah putih yang mempunyai fungsi melawan mikroorganisme yang membahayakan tubuh. Umumnya kelenjar ini terdapat pada leher, ketiak, lipatan paha dan leher.
Benjolan di belakang telinga bayi bisa saja berbahaya
Benjolan di belakang telinga bayi bisa saja berbahaya
kelenjar ini apabila dibiarkan akan mengalami pembesaran dan mengganggu kesehatan tubuh anak anda dan bahkan dalam jangka panjang menyebabkan kanker getah bening. Akan tetapi apabila kelenjar getah bening terkena infeksi maka akan membesar dan salah satunya dapat disebabkan oleh kuman streptokokus pada anak yang dapat menyebabkan demam dan pilek sehingga membuat pembesaran kelenjar yang tampak di bagian bawah rahang yang semakin membesar.

Saat kondisi anak anda sering mengalami sakit di belakang kepala tepatnya di bagian telinga, beberapa kemungkinan penyakit dari penyakit ringan hingga penyakit yang membahayakan bisa hinggap pada anak. Jadi jangan menganggap remeh benjolan di belakang telinga bayi anda dan berikut beberapa kemungkinan yang dapat timbul apabila terjadi pembesaran kelenjar getah bening.

Biasanya kelenjar getah bening menyebabkan infeksi akut di sekitar daerah kepala dan juga leher. Dari pembengkakan ini terjadi seiring dengan kondisi tubuh demam dan terjadinya konsistensinya lunak serta kemerahan. Dalam hal ini dapat disebabkan karena adanya infeksi dengan bakteri, meskipun demikian akan sembuh dengan sendirinya.

Bisa disebabkan juga adanya micobacterium tuberculosa yang mana penyakit ini berhubungan dengan paru-paru. Meskipun demikian ada pula yang mengalami infeksi ini meskipun paru-parunya sehat. Dari pemeriksaan lebih lanjut, sangat diperlukan untuk mengetahui kesehatan paru – paru sang buah hati anda. Apabila terdeteksi dini adanya pembengkakan yang semakin besar dan belum mendapatkan pertolongan, diperkirakan akan ditemukan pembengkakan di tempat lain seperti lipatan ketiak dan paha yang menyebabkan sulit untuk sembuh, dan bahkan kemungkinan di stadium lanjut akan mengalami kambuh yang cukup besar.

Dengan begitu anda sebagai orang tua wajib awas kepada sang buah hati anda dan jangan menganggap remeh benjolan di belakang telinga bayi anda. Untuk memastikannya anda dapat memeriksakan ke dokter untuk menghindari resiko yang lebih lanjut.