Cara Menaikkan Berat Badan Bayi




Cara Menaikkan Berat Badan Bayi - Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan berbeda satu sama lain. Rata – rata berat badan yang baru lahir adalah 2,8 kg sampai 3,4 kg. Salah satu yang menentukan ukuran dan berat badan bayi adalah genetik, kesehatan ibu pasca kehamilan dan nutrisi yang diberikan disaat dalam kandungan.

Dengan demikian mengamati perkembangan berat badan saja tidaklah cukup, andapun juga harus memperhatikan tinggi atau panjang bayi. Selain itu perlu adanya pengukuran lingkar kepala yaitu untuk mengukur dan mengetahui ukuran tengkorak dan juga otak bayi dalam pertumbuhan yang normal.
Cara menaikkan berat badan bayi
Cara menaikkan berat badan bayi
Berikut ini adalah cara menaikkan berat badan bayi.

Asupan makan sang ibu dan psikisnya
Ibu perlu nutrisi untuk menyusui anaknya dengan baik
Ibu perlu nutrisi untuk menyusui anaknya dengan baik
Peran ibu sangat besar untuk menentukan asupan nutrisi yang disesuaikan dengan kebutuhan gizi bayi anda. Selain itu disarankan untuk lebih cermat dalam memberikan MPASI. Pada bayi umur 6 bulan asupan ASI yang berkualitas ikut andil besar dalam meningkatkan berat badan bayi. ASI yang berkualitas dihasilkan dari asupan makan ibu yang menyusui dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan juga hindari tekanan yang membuat ibu stress sehingga mengurangi kualitas dan kuantitas ASI tersebut.

Berikan jadwal untuk pemberian MPASI
Perlunya mengatur pemberian MPASI
Perlunya mengatur pemberian MPASI
Pada umumnya usia bayi anda memasuki pemberian MPASI di 6 bulan ke atas. Bayi akan mulai mengurangi minum ASI dan dalam hal ini terbilang wajar karena asupan nutrisi sudah didapatkannya dari MPASI. Anda pun dapat menjadwal pemberian MPASI sebanyak 2 – 3 kali dalam sehari dengan porsi yang disesuaikan usia sang buah hati anda.

Hal tersebut penting terutama pemberian tambahan kalori yang dilakukan dengan menambah minyak sayur atau keju kedalam MPASI agar lebih variatif dan menarik.

Menentukan jenis bahan MPASI
Jenis MPASI yang tepat bisa menaikkan berat badan bayi
Jenis MPASI yang tepat bisa menaikkan berat badan bayi
Selain dari komposisi jadwal MPASI yang tepat, apabila ingin tahu cara menaikkan berat badan bayi anda sebaiknya perlu memperhatikan jenis bahan MPASI untuk sang buah hati anda. Anda pun dapat membuat komposisi MPASI berupa karbohidrat, lauk dan sayur dengan perbandingan 50 : 50. Misalnya sayuran 2 sendok makan, nasi tim 4 sendok makan, dan lauk 2 sendok makan. Bisa pula menambahkan cemilan sehat dua kali dalam sehari yaitu pada siang dan sore hari.

Demikian cara menaikkan berat badan bayi yang bisa anda lakukan di rumah dengan mudah.